Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#2 Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Dasar (2): Memperkenalkan Diri (Nama)

Setelah sebelumnya mengajarkan anak menyapa dalam bahasa Inggris (greetings), dengan mempraktekan beberapa hari saja kita sebagai orang tua menyapa anak setiap pagi (good morning), siang (good afternoon), dan malam (good evening).

Kita lanjutkan dengan introduce atau memperkenalkan diri. Hal ini sangat dasar karena tentunya dalam kehidupan seseorang pasti kita akan bertemu dengan orang-orang baru dan kita akan memperkenalkan diri.

Ini pelajaran bahasa Inggris kelas 1 SD. Anak-anak kita memang diajarkan di sekolah, tapi setelah saya tes anak saya ternyata tidak sepenuhnya hafal, tidak lancar, bahkan kadang blank sama sekali.

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus kita harus pantau terus anak kita agar tidak sia-sia perjuangan kita menyekolahkan anak.

Pelajaran ini sangat mudah bagi orang tua.

Kita tinggal tanya sama anak kita, "What is your name?" awalnya anaku juga blank malah bilang "apa ga tau", padahal sudah diajarkan di sekolah. Entah lupa-lupa ingat atau malu-malu.

 


Terus aku ajarkan jawabannya "My name is Zahra", dan tentu kita jelaskan dalam bahasa Indonesia, serta diberi pengertian juga bahwa pelajaran ini penting untuk masa depan karena kita akan bertemu banyak orang dan kita harus bisa melakukan perkenalan dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Inggris karena bahasa internasional.

Selain "My name is..." juga anak kita harus diajarkan "Your name is....", coba suruh anak kita untuk bisa mengucapkan nama lawan bicaranya juga.

Sangat mudah mengajarkan hal ini kepada anak-anak kita, sebagai orang tua kita coba biasakan beberapa kali, biasanya anak kita akan hafal setelah dipraktekan beberapa kali.

Setelah lancar dalam bentuk lisan, coba ajarkan juga dalam bentuk tulisan.

Semoga anak-anak kita lebih baik dari orang tuanya.. aamiin..

Posting Komentar untuk "#2 Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Dasar (2): Memperkenalkan Diri (Nama)"