Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih dan Menggunakan Sunscreen (Tabir Surya)

Gak perlu diragukan lagi, sunscreen (tabir surya) tuh bagus banget buat kulit. Selain melindungi kulit dari panasnya sinar matahari yang bisa bikin kulit rusak, sunscreen juga bisa ngurangin risiko gangguan kulit akibat kebanyakan paparan sinar matahari.

Kalo kulit sering kena sinar matahari berlebih, bisa jadi kulit bakal terbakar dan jadi lebih hitam. Selain masalah penampilan yang makin payah, kalo terlalu sering kena sinar matahari atau sinar UV, risiko kanker kulit juga makin besar loh.

Jadi, pastiin deh kalo lagi aktivitas di luar ruangan, kamu selalu pake sunscreen biar gak kenain efek buruk dari sinar matahari.

Panduan Memilih Sunscreen yang Tepat 

Kalo mau kulit tetep sehat dan gak gampang rusak, kamu harus rajin pake sunscreen dan hindarin risiko penuaan dini. Tapi buat dapetin manfaatnya yang maksimal, pilih sunscreen yang pas dong. Ini nih panduannya:

1. Cari sunscreen yang tulisannya broad spectrum

Sunscreen paling bermanfaat buat melindungin kulit dari sinar ultraviolet A (UVA) dan sinar ultraviolet B (UVB). Maka dari itu, milih deh tabir surya yang tulisannya broad spectrum.

Sunscreen kayak gitu bisa melindungin kulit dari kedua jenis sinar UV yang bisa merusak kulit.

2. Pake sunscreen yang SPF-nya 35 atau lebih

Supaya kulit lu terlindungi dengan baik dari sinar matahari, pilih sunscreen yang SPF-nya 35 atau lebih. Semakin tinggi nilai SPF-nya, semakin lama perlindungannya untuk kulit.

Tapi walaupun perlindungannya lebih tahan lama, lu tetep harus olesin sunscreen lagi kalo lu berenang atau keringetan banyak dibawah terik matahari.

Kalo males olesin sunscreen berkali-kali, pilih sunscreen yang berbentuk gel dan tulisannya waterproof kalo mau berenang di siang hari.

3. Perhatiin bahan dan kandungan di sunscreen

Pilih sunscreen yang mengandung ecamsule, seng oksida, avobenzon, oksibenzon, titanium dioksida, atau sulisobenzon. Bahan-bahan kayak gitu lebih aman buat kulit.

4. Jangan pake sunscreen yang sama buat muka sama badan

Banyak yang pake sunscreen buat badan juga buat muka biar gak ribet. Padahal, ini gak bagus buat kulit muka karena bisa bikin iritasi, terutama kalo kulit mukanya sensitif.

Jadi, mendingan pake sunscreen khusus wajah biar lebih aman buat kulit muka kamu.

Tips Memilih Sunscreen Sesuai dengan Jenis Kulitmu

Selain tips yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilihan sunscreen juga harus disesuaikan dengan jenis kulitmu. Berikut adalah beberapa tips memilih sunscreen sesuai dengan jenis kulit:

1. Kulit kering

Jika kulitmu kering, pilihlah sunscreen berbentuk krim, salep, atau losion. Pilih produk yang mengandung minyak agar kulitmu tetap lembap dan terhindar dari kulit kering. Kamu bisa memilih sunscreen yang mengandung minyak, lanolin, atau dimethicone.

2. Kulit berminyak

Jika kulitmu berminyak, pilihlah sunscreen yang bebas minyak atau oil-free. Kamu juga bisa memilih produk berbentuk gel agar kulitmu tidak semakin berminyak. Jika kamu memiliki kulit berjerawat, hindari sunscreen berbentuk krim atau mengandung minyak karena dapat memperburuk kondisi jerawat.

3. Kulit sensitif

Hindari sunscreen yang mengandung pengawet dan wewangian jika kamu memiliki kulit sensitif. Jangan pilih produk yang mengandung PABA karena bisa menyebabkan iritasi. Pilihlah sunscreen dengan label hypoallergenic untuk kulitmu yang sensitif.

4. Kulit berbulu

Jika kamu memiliki bulu halus di kulitmu, hindari sunscreen berbentuk krim. Pilihlah sunscreen berbentuk gel atau semprotan. Untuk anak-anak, pilihlah sunscreen yang mudah digunakan seperti semprotan. Hindari produk dengan kandungan alkohol, PABA, dan oksibenzon, dan pilihlah yang mengandung seng oksida dan titanium dioksida serta memiliki kandungan SPF 30 atau lebih tinggi. Saat ingin menggunakannya di wajah anak-anak, semprotkan terlebih dahulu ke tangan dan baru usapkan ke wajah mereka.

Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar

Ketika Anda akan beraktivitas di luar rumah, terutama pada pukul 10.00-14.00, selalu gunakan sunscreen. Bahkan ketika cuaca mendung sekalipun, Anda tetap perlu memakai sunscreen karena sinar UVA dan UVB dapat menembus awan.

Berikut adalah beberapa tips untuk memakai sunscreen dengan benar:

  • Oleskan sunscreen merata ke seluruh tubuh 15-30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.
  • Jangan lupa gunakan pelembap bibir agar bibir Anda terlindungi dari paparan sinar UV.
  • Oleskan sunscreen kembali setiap 2 jam sekali. Lebih sering jika Anda mudah berkeringat atau sedang berenang.

Pastikan Anda memeriksa tanggal kedaluwarsa sunscreen yang tertera pada kemasan. Biasanya, sunscreen aman digunakan hingga 3 tahun dari tanggal produksi.

Namun, meskipun menggunakan sunscreen, kulit Anda tetap memerlukan perlindungan tambahan seperti kacamata hitam, topi bertepi lebar, dan pakaian yang menutupi kulit ketika Anda beraktivitas di bawah sinar matahari.

Jika Anda memiliki kondisi kulit tertentu atau masih bingung tentang cara memilih dan menggunakan sunscreen yang tepat, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran tentang jenis sunscreen yang cocok untuk kulit Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih dan Menggunakan Sunscreen (Tabir Surya)"