Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DIJAMIN MAKIN CANTIK! Ini 5 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

Udah nih, kamu udah coba cara bersihin muka yang bener? Harus bener-bener teliti nih, ya. Kalo kamu ngikutin langkah-langkahnya dengan bener, kulit kamu bakal jadi kinclong dan bebas dari masalah.

Bersihin muka itu penting banget buat kulit wajah yang sehat. Kalo kamu rajin bersihin muka, bisa mencegah munculnya jerawat, ngatasi kulit yang kusam, dan mencegah penuaan dini.

Tapi sayangnya, masih banyak juga yang cuek dan salah-salah cara bersihin mukanya, misalnya terlalu kasar nggosoknya atau ngeringin muka sembarangan.

Nah, biar kamu bisa tampil cantik dengan kulit yang bersih dan sehat, simak deh cara bersihin muka yang bener ini:

Gimana sih cara membersihkan wajah yang bener? Ini nih yang sering bikin bingung. Cuci muka pake sabun aja udah cukup ya? Gak selalu, Bro. Kalo lagi pake makeup, kamu harus double cleansing, lho! Jadi, sebelum cuci muka pake sabun, kamu perlu pake make up remover dulu.

1. Pakai Makeup Remover

Make up remover lebih efektif buat mengangkat kotoran dan sel kulit mati di permukaan kulit dan pori-pori. Ada banyak pilihan, misalnya micellar water, milk cleanser, atau cleansing balm. Kalau mau yang natural, bisa pake minyak zaitun juga.

2. Pakai Pembersih Wajah yang Tepat

Setelah pakai make up remover, baru deh kamu cuci muka pake sabun. Tapi jangan asal-asalan pilih sabun, ya! Pastiin sabun dengan formula gentle, artinya gak ada alkohol dan pewanginya. Cocok buat semua jenis kulit, terutama kulit sensitif dan kering. Kalo kulitnya berminyak atau berjerawat, bisa pake yang mengandung asam salisilat.

Oh iya, jangan pernah pake sabun biasa yang bukan buat wajah. Nanti bisa bikin pH kulit kamu jadi ga seimbang.

3. Cuci muka dengan hati-hati

Kalau kamu kira cuci muka dengan kasar akan bikin muka jadi kinclong, salah besar, guys. Bahkan, menggosok muka terlalu kasar justru bisa merusak kulitmu. Kalo kamu terus-terusan melakukannya, bisa bikin produksi sebum terganggu, kulit jadi kering, dan muncul iritasi.

Jadi, kalo kamu mau cuci muka, jangan digosok dengan kasar ya. Cukup hati-hati dan jangan terlalu lama, cukup 30 detik aja. Kamu bisa bilas dengan air dingin atau hangat. Tapi ingat, jangan pake air panas ya, nanti kulitmu jadi kering.

4. Keringkan wajahmu

Kamu jangan biarkan air di wajahmu mengering dengan sendirinya setelah cuci muka, ya. Air yang tinggal di kulitmu bisa bikin kulitmu jadi lebih kering. Nah, setelah cuci muka, keringkan wajahmu pakai handuk bersih atau tisu. Tap-tap aja, jangan digosok. Dan jangan pake handuk pengering tangan yang dipajang di kamar mandi ya, walau kelihatan bersih, masih banyak kuman.

5. Jangan sering-sering cuci muka

Kamu bisa cuci muka dengan benar, tapi kalau kamu terlalu sering melakukannya, sama aja bohong! Terlalu sering cuci muka justru bikin kulitmu makin kering, lho. Ini juga berlaku kalo kamu eksfoliasi wajah.

Cuci muka aja cukup pagi dan malam sebelum tidur, dan kalo kamu berkeringat. Kalo mau eksfoliasi wajah, lakukan beberapa kali seminggu atau konsultasi ke dokter dulu untuk tahu kapan dan berapa kali kamu bisa melakukan eksfoliasi sesuai dengan kondisi kulitmu.

Setelah cuci muka, jangan lupa pakai pelembap agar kulitmu tetap lembap. Ini penting untuk menjaga kelembapan kulitmu. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan ke tahap skin care lainnya, seperti serum, essence, atau sunscreen.

Kalo kamu punya masalah kulit seperti eksim, rosacea, atau kondisi kulit lainnya, lebih baik konsultasi ke dokter dulu ya untuk tahu cara membersihkan wajah yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu.

Posting Komentar untuk "DIJAMIN MAKIN CANTIK! Ini 5 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar"