Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Fungsi Serum untuk Berbagai Kulit

Sis, lu udah rajin cuci muka, scrubbing beberapa kali seminggu, dan nggak lupa pakai pelembab pagi-malam sama tabir surya kan? Ternyata, buat kulit lu itu masih kurang. Lu harus nambahin serum ke dalam skincare routine lu. Ini nih fungsinya serum buat kulit lu.

Apa sih manfaat serum buat kulit dan wajah?

Serum wajah tuh sebotol kecil gel bening yang gak berminyak dan teksturnya ringan. Isinya ada bahan-bahan aktif macam vitamin, asam, retinol, dan antioksidan lah.

Tapi, jangan asal-asalan pilih serum ya! Lu harus tau bahan aktifnya apa aja, dan kalo bisa milih serum yang bahan dasarnya alami gitu, misalnya kayak serum Edelweiss Daily Serum Concentrate.

Serum ini punya Leontopodic Acid dengan kandungan antioksidan 43%, peptida dari beras buat mempercepat pembentukan skin barrier, edelweiss stem cell buat bantu regenerasi sel kulit, sama hyaluronic acid buat melembapkan kulit.

Sebenernya, produk ini itu kayak pelembap tapi lebih ringan gitu teksturnya. Tapi, bahan-bahannya itu konsentrasinya lebih tinggi, jadi bisa meresap lebih cepat, mudah, dan merata ke dalam kulit dibanding pelembap biasa.

Produk kecantikan ini cocok banget buat masalah kulit yang spesifik, misalnya buat bikin kulit lebih muda, cerah, atau buat ngilangin kerutan, jerawat, flek, atau noda di wajah.

Dilihat dari fungsinya, serum wajah dibagi jadi beberapa jenis, seperti:

  • serum anti-aging, 
  • serum pencerah wajah, 
  • serum pelembap, 
  • serum antioksidan, 
  • serum buat kulit sensitif dan berjerawat, 
  • serum buat memperbaiki tekstur wajah.

Apa bedanya serum dengan pelembap biasa?

Bedanya, sebotol serum wajah jauh lebih kecil dari sebotol pelembap wajah yang biasa Anda gunakan. Serum wajah lebih kaya akan bahan aktif yang sangat terkonsentrasi dan tidak ditambahkan bahan-bahan 'berat' seperti dalam pelembap. Serum wajah hanya berisikan bahan inti yang dibutuhkan oleh kulit.

Sebab itu, sebotol serum tidak mengandung bahan pelembap oklusif yang dapat melindungi kandungan air dari penguapan dan lebih sedikit agen pelumas serta pengental. Konsentrasinya yang tinggi menjadikan harga sebotol serum lebih mahal daripada sebotol pelembap wajah.

Sebagian besar serum wajah juga berbahan dasar air, yang berbeda dengan pelembap wajah yang dapat mengandung unsur minyak. Oleh karena itu, serum wajah lebih cocok digunakan untuk kulit yang sensitif dan rentan berjerawat karena tidak menyumbat pori-pori.

Tips memilih serum wajah terbaik

Penggunaan serum dan pelembap punya cara kerja yang berbeda untuk bantu kulit kamu. Ada juga yang hanya memakai serum saja untuk memberi nutrisi.

Namun, ada juga yang memerlukan kedua-duanya, yaitu serum dan pelembap, untuk bisa memberi hasil terbaik. Berikut adalah tips memilih serum yang cocok untuk tipe kulit wajah kamu.

1. Kulit Berminyak

Punya kulit berminyak? Tenang saja, serum wajah bisa jadi solusi untuk menanggulangi masalahmu. Kandungan serum mampu memberikan nutrisi pada kulit tanpa meninggalkan efek berminyak yang biasa dihasilkan oleh pelembap.

Jadi, dengan serum kamu bisa menjaga kelembapan kulit tanpa harus menggunakan pelembap lagi. Selain itu, serum juga membantu memfokuskan perawatan pada area tertentu yang ingin kamu perbaiki, seperti noda hitam, kulit mati, dan masalah kulit lainnya tanpa harus khawatir dengan kelebihan minyak.

Kalau kamu memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilih serum yang mengandung bahan aktif seperti vitamin C, hyaluronic acid, salicylic acid, gliserin, niacinamide, atau asam laktat.

2. Kulit Kering dan Sensitif

Bagi pemilik kulit kering dan sensitif, serum juga sangat dibutuhkan untuk melembapkan kulit. Tapi ingat, tunggu 15 menit setelah mencuci muka sebelum menggunakan serum agar tidak menimbulkan iritasi.

Jika kamu memiliki kondisi kulit seperti eksim atau rosacea, sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan serum karena konsentrasi zat aktif yang tinggi bisa memperparah kondisi kulit.

Untuk kulit kering dan sensitif, kamu perlu memilih serum dengan hati-hati. Beberapa bahan aktif yang disarankan adalah hyaluronic acid, gliserin, panthenol, niacinamide, dan minyak atau ekstrak tumbuhan.

3. Kulit Normal dan Kombinasi

Jika kulitmu baik-baik saja dengan menggunakan pelembap biasa, tak perlu memaksa diri untuk menggunakan serum. 

Namun, serum tetap bisa digunakan untuk memberikan kelembapan pada area wajah yang paling berminyak, seperti dahi, hidung, dan dagu. 

Serum juga bisa membantu mengatasi masalah kulit pada pemilik kulit normal sekalipun. Serum yang cocok untuk kulit normal dan kombinasi mirip dengan serum untuk kulit berminyak. 

Kamu bisa mencoba beberapa produk sebelum menemukan yang paling cocok untuk kulitmu.

4. Kulit yang Mengalami Penuaan

Hampir semua orang bisa mendapatkan manfaat dari serum, termasuk mereka yang mengalami penuaan kulit. Kamu hanya perlu mencari jenis serum yang sesuai dengan kondisi kulitmu. 

Jika kamu ingin memperbaiki masalah kulit, seperti noda hitam akibat penuaan dini, atau keriput dan garis halus, menambahkan serum pada ritual kecantikan harianmu bisa membantu meningkatkan penampilan kulit. 

Pilihlah serum yang mengandung ceramide, kolagen, retinol, dan niacinamide. Kamu juga bisa mencari serum yang kaya akan kandungan asam, seperti asam glikolat, asam laktat, dan hyaluronic acid.

Gimana sih cara pakai serum wajah yang bener?

Caranya gampang kok, cuma tinggal tetesin 1 - 2 tetes serum ke wajah dan leher, terutama bagian yang bermasalah, dua kali sehari setiap pagi dan malam.

Nih tips cara pakai serum yang benar dan sesuai fungsinya.
  1. Cuci muka dulu kayak biasa, bilas dengan air hangat, dan keringin. Tunggu sebentar sampai kulit kering sedikit.
  2. Bersihin wajah dengan toner biar terangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang bandel, dan sekaligus menyeimbangkan pH kulit. Tunggu sekitar 1 - 2 menit biar kulit masih lembap tapi ga terlalu basah dari toner.
  3. Langsung deh olesin serum ke wajah. Kulit yang lembap lebih mudah meresap daripada yang kering.
  4. Olesin toner dengan dipijet-pijet pake telapak tangan biar bahan aktif serum bisa lebih meresap ke dalam kulit.
  5. Tunggu sekitar 2 - 3 menit. Kalau serum nya bikin kulit lengket atau berminyak, berarti serum nya ga cocok sama kulit kamu.
  6. Setelah itu, lanjutin perawatan kulit kamu seperti pake krim mata, tabir surya, atau pelembap.
  7. Hangatin pelembap di tangan kamu biar bahan di dalamnya aktif, terus dipijet-pijet ke wajah dengan gerakan ke atas, dimulai dari tengah wajah sampe ke garis rambut.

Kesalahan yang Bikin Serum Wajah Nggak Berfungsi

Pastikan kamu nggak melakukan kesalahan dalam memilih dan menggunakan serum agar kulitmu tetap sehat. Yuk, hindari kesalahan-kesalahan ini saat menggunakan serum!

1. Nggak pakai pelembap

Serum memang bikin kulitmu lembap, tapi bukan berarti kamu bisa skip pelembapmu. Pelembap membantu serum menyerap lebih baik dan menjaga kelembapan kulitmu.

2. Pakai pelembap dulu, baru serum

Urutan penggunaan skincare itu penting, lho! Kalau kamu pakai pelembap dulu, serum nggak akan menyerap dengan baik. Jadi, pakai serum dulu baru pelembap di akhir.

3. Pakai serum mahal aja

Serum mahal belum tentu cocok untuk kulitmu. Meskipun begitu, biasanya serum mahal mengandung bahan yang lebih berkualitas. Jadi, fokuslah pada bahan aktif yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, bukan harga serumnya.

4. Pakai di kulit yang lagi kambuh penyakit

Kulit yang lagi kambuh penyakit seperti eksim atau rosacea butuh perhatian khusus. Konsultasikan dulu dengan doktermu sebelum pakai serum atau mungkin jangan pakai dulu.

5. Terlalu banyak pakai

Kamu nggak perlu pakai serum dalam jumlah banyak. Cukup beberapa tetes di malam hari dan ratakan ke seluruh wajahmu.

Intinya, serum wajah adalah produk dasar yang penting dalam skincare routinemu. Pastikan kamu pilih serum yang cocok untuk tipe dan masalah kulitmu supaya hasilnya optimal.

Posting Komentar untuk "Jenis dan Fungsi Serum untuk Berbagai Kulit"